Kamis, 04 April 2013

analisis lingkungan (tugas 1 pengantar manajemen)



TOKO KLONTONG (Toko Sanjaya)

Toko kelontong  adalah suatu toko kecil yang umumnya mudah diakses umum atau bersifat lokal. Kegiatan perdagangan adalah aktivitas wajib manusia yang terjadi di sekitar kita untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup sehari-hari. Tanpa adanya kegiatan jual beli antara pembeli dan penjual, maka manusia akan sulit mendapatkan apa-apa yang dibutuhkannya. Dalam keseharian kita terbiasa dan akrab dengan keberadaan penjual barang-barang kebutuhan hidup sehari-hari dalam bentuk toko kelontong/warung kelontong dan mini market.
 
Toko Sanjaya


1.     Dampak pengaruh adanya toko kelontong
Toko Sanjaya yang pada dasarnya menjual berbagai macam kebutuhan pokok, yang letaknya tidak jauh dari Alfamart dan Indomart, tentu juga merasakan dampak negatif akan keberadaanya. Namun apa boleh buat, toko-toko kecil tersebut termasuk toko Sanjaya harus menjadi salah satu pesaing dari Alfamart dan Indomart. Dan hal ini sangatlah merugikan bagi pemilik toko, karena dari hasil penjualan itulah pemilik toko bisa menghidupi keluarganya.
Toko-toko kecil yang barang dagangannya kurang lengkap ditambah pelayanan serta kenyamanan yang diberikan tidak sebaik dan sebagus Alfamart dan Indomart, membuat persaingan ini sangat memberi dampak negatif terhadap toko-toko kecil. Modal apa adanya, SDM yang sebagian besar berpendidikan rendah membuat toko kecil tersebut semakin kalah saing dengan Alfamart dan Indomart.
Masyarakat sekarang ini lebih mengutamakan kenyaman dan pelayanan, tentu sudah mulai bosan dengan toko-toko kecil yang kurang memperhatikan kerapian dan juga kebersihan. Sehingga membuat konsumen lebih memilih Minimarket sebagai tempat yang nyaman untuk berbelanja.
Dan semakin lama tentu akan semakin banyak lagi bermunculan Alfamart dan Indomart yang lain. Ini tentu akan membuat toko kecil semakin terpinggirkan dan kemungkinan untuk tutup itu sangat besar karena semakin berkurangnya konsumen yang berbelanja di toko kecil tersebut.
  •   Keuntungan atau kemudahan adanya toko kelontong ini :
-           Tempat Membeli Produk Kebutuhan Rumah Tangga dan Pribadi
-          Tempat Mencari Informasi Produk Baru dan Produk Lama
-          Tempat Bersosialisasi dengan Warga Masyarakat
                                                                                             
  •   Kekuatan usaha kelontong ini yaitu :
-          Produk sembako adalah produk yang pasti di butuhkan oleh semua orang .ini berarti ada kebutuhan atau ada pasarnya . sehingga memungkinkan orang-orang untuk melihat toko ini.
-          Tempatnya strategis sehingga memungkinkan orang-orang untuk melihat.
-          Walaupun harga pokoknya naik , tak menjadi masalah karena bahan pokok sangat di butuhkan
  •   Kelemahan usaha kelontong ini yaitu :
-          Jika melakukan kesalahan dalam pelayanan terhadap konsumen dapat menghilangkan kepercayaan pelanggan .
-          Banyak yang membuka usaha ini sehingga banyak pesainganyang terjadi
-          Lahan untuk menyimpan dan memajang kebutuhan masih kecil sehingga terlihat seperti penuh dan terkadang menjadi kendala bagi pembeli untuk melihat barang yang akan mereka beli.
  •   Peluang usaha toko kelontong ini :
-          Memberikan keuntungan yang cukup
-          Prospek dan peluangnya cukup besar untuk di kembangkan karena semua orang membutuhkan bahan-bahan pokok . seperti gula, beras dan lain-lainnya .

  •   Ancaman usaha toko kelontong ini :
-          Persaingan dalam pemasaran yang semakin ketat
-          Banyaknya toko sembako yang muncul membuat pelanggan semakin sedikit dan bisa-bisa koleps.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar